Saturday, 6 March 2010

Harga Pasar/Harga Keseimbangan (Equilibrium)

Harga adalah kemampuan suatu barang/jasa yang dinyatakan dengan uang. Dengan adanya harga, orang menjadi mudah dalam melakukan tukar-menukar dan kita dapat membandingkan nilai barang.
Harga pasar adalah harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli pada saat terjadinya transaksi. Harga pasar sering disebut juga harga keseimbangan sebab harga tersebut terjadi setelah ada keseimbangan antara permintaan dan penawaran barang.
Proses terbentuknya harga pasar.
1. Secara praktik
Adanya proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli di suatu pasar dan harga disetujui oleh kedua belah pihak sehingga harga pasar disebut harga objektif.

2. Dalam tabel permintaan dan penawaran
Apabila pada harga tertentu jumlah permintaan dan jumlah penawaran sama, harga pasar disebut harga keseimbangan. Misalnya, diketahui data permintaan dan penawaran suatu barang sebagai berikut.

3 . Dalam grafik permintaan dan penawaran
Dengan pendekatan ini kita perlu membuat kurva permintaan dan kurva penawaran terlebih dahulu. Apabila kita gabungkan kedua kurva tersebut, akan didapatkan titik potong antara kurva permintaan dan kurva penawaran. Titik itulah yang menunjukkan harga pasar atau harga kesimbangan (equilibrium price), yang dilambangkan dengan huruf E.

1 comment:

walah said...

Ketika membicarakan potensi besar pasar Indonesia, orang merujuk pada jumlah pelangan Indonesia yang sangat besar, yaitu 220 juta jiwa. Sayangnya, orang sering lupa bahwa di balik jumlah yang sangat besar tersimpan tentangan sangat besar, terutama kalau mengingat bagian terbesar pelangan Indonesia berada di bagian bawah piramida (penduduk miskin-peny) Dengan daya beli yang tidak begitu menjanjikan, tidak mengherankan bila tidak banyak perusahaan yang serius menggarap pasar menengah-bawah di Indonesia.

Post a Comment

Kalo ngga punya akun google, pilih aja Name/URL
contoh Name : Ahmad URLnya : www.google.com

Post a Comment

SMS GRATIS

adsensecamp