Monday 2 March 2009

Setting Dial Up SimCard GPRS Internetan


Selama ini penulis koneksi ke internet menggunakan hanphone Nokia 6120 untuk browsing dan chating, memang sangat murah karena data yang didownload ataupun di upload hanya beberapa kb saja, tetapi untuk beberapa alasan menggunakan handphone secara langsung untuk koneksi ke internet terasa kurang nyaman baik terutama dari tampilan dan kompatibilitas dengan web yang akan kita brows. Handphone yang penulis gunakan kebetulan memiliki modem dan konektifitas dengan infrared. Setelah berselancar mencari informasi bagaimana setting dial up menggunakan simcard gprs dalam hal ini IM3 yang penulis gunakan, maka inilah saatnya berbagi dengan anda, mari kita mulai : Sebagai langkah awal, persiapan perlengkapan yang digunakan yaitu :
1. Handphone dengan modem dan infrared/ Bluetoot.
2. Lapotop dengan konektifitas infrared atau bluetoot, atau PC dengan kabel infrared.
Selanjutnya aktifkan GPRS IM3 anda, caranya sebagai berikut : ketik GPRSMerekHPTypeHP kirim ke 3000 Setelah itu aktifkan infrared di handphone anda dan dekatkan ke PC/Laptop, setelah tersambung, maka secara otomatis modem akan terdeteksi dibagian device manjer, untuk mengeceknya klik kanan pada icon my computer kemudian pilih propertis dan pilih tab hardware, maka akan tampil gambar dibawah ini.


gprs1

Pilih device manager, maka akan tampil layar dibawah ini, pilih bagian modem dan pastikan modem dihandpone anda terdetect seperti milik saya terdetek siemens S45 padah serinya C45, tapi hal itu tidak banyak bermasalah. Pada modem anda (dalam hal ini siemens S45) klik kanan dan pilih propertis, kemudian pilih tab Advanced, kemudian pada kotak extra initialization command isikan masing-masing Simcard memiliki parameter tersendiri, untuk melihat daftar setting parameter at command-nya. Setelah selesai klik Ok, tutup semua kotak dialog.


gprs2

Sekarang saatnya membuat koneksi ke internet, asumsinya anda sebagai pembaca sudah terbiasa dengan membuat setingan untuk koneksi ke telkomnet instan, namun bedanya dalam hal pengisian user name dan password serta nomor telepon yang akan di dial. berikut seting untuk IM3 : pada kolom username isikan gprs pada kolom password isikan im3 dan pada kolom Dial isikan nomor beriku *99***1# (semua operator


gprs3

umumnya menggunakan nomor ini) Setelah semua persiapan selesai, klik dial dan tunggu apa yang akan terjadi,jika semua seting dan persiapan sudah benar maka anda akan terkoneksi ke internet seperti pada umumnya, sehingga di taskbar akan tampil : dan di network connection akan tampil indikator terjadinya koneksi ke IM3 Selamat mencoba, semoga membantu, sekarang sy bisa online di rumah kapan saja selama ada pulsanya.

No comments:

Post a Comment

Kalo ngga punya akun google, pilih aja Name/URL
contoh Name : Ahmad URLnya : www.google.com

SMS GRATIS

adsensecamp